Selasa, 03 April 2012

Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (dalam Bahasa Inggris to compute dengan arti yang sama). Komputer adalah alat elektronik atau mesin yang dapat diprogram untuk menerima data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna. Pengolahan data menggunakan komputer dikenal pula dengan istilah Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa suatu proses pengolahan data terdiri atas tiga tahapan dasar yang biasa disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, proses, dan output.

Agar dapat digunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna, suatu sistem komputer harus mempunyai elemen yang terdiri atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (brainware).
  • Perangkat keras (hardware) adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat.
  • Perangkat lunak (software) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melaksanakan pengolahan data.
  • Manusia (brainware) adalah orang yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Tokoh penting dalam perkembangan komputer :
Charles Babbage : seorang penemu dan ahli matematik yang lahir di Inggris tahun 1791. Berhasil membuat model mesin yang dinamakan Difference Engine dan merancang Analytical Engine. Dikenal dengan sebutan Bapak Komputer Modern (Father of the Modern Computer) karena dalam rancangannya Analytic Engine mempunyai lima unsur yang terdapat pada komputer modern, yaitu:
Alat masukan (input device).
Tempat penyimpanan data yang akan diproses.
  • Alat pemrosesan.
  • Unit pengontrol pengolahan.
  • Alat keluaran (output device).

Sumber : Ukar, Kurweni. 2006.Pengenalan Komputer.Jakarta.Elek Media Komputindo.

0 komentar:

Posting Komentar

Thank you for visit my blog

Template by:

Free Blog Templates