Jumat, 11 Mei 2012

3 Tools untuk Mengukur Website

1. Mengukur Kekuatan SEO Website dengan SeoAnalyser Makin tinggi score yang dihasilkan dari pengukuran menggunakan alat ini, makin bagus pula kekuatan website tersebut di mesin pencarian. Artinya, SEO-nya makin kuat. Nah, salah satu alat pengukur kekuatan SEO yaitu SEOANALYSER. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan nama domain atau URLwebsite yang ingin Anda tes kekuatan SEO-nya. Cukup dengan mengunjungi situs seoanalyser.net, lalu mengisi kolom yang ada dengan URL atau domain situs web yang ingin Anda tes. Diikuti dengan mengklik tombol . Setelah itu, tunggulah hasilnya. Saya ambil contoh domain blog yang saya search di google yaitu (kafegue.com). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa blog ini memperoleh score 85% .


Ada 3 jenis keterangan yang mencerminkan perolehan score sebesar itu, yakni:
1. warnings, ternyata blog ini tidak ditemukan warnings sedikit pun. Horeeeeeeeeee… :)
2. notes, ada 3 catatan khusus pada blog ini (yaitu ada beberapa gambar yang tidak mengandung atribut alt, tidak terdaftar di direktori Dmoz, serta google pagerank yang masih di bawah 4)
3. successfully, ada 21 poin yang berhasil dipenuhi oleh blog ini pada mayoritas kriteria penilaian yang ditentukan sebagai dasar pengukur performa SEO-nya
Kelebihan dari tools tersebut adalah :
1. Peta situs (sitemap) untuk kemudahan navigasi, dan kemudahan mesin pencari dalam mengindeks konten-konten website kita
2. terdapat file robots.txt untuk memberitahu mesin robot tentang bagian mana yang boleh diindeks
Kekurangannya adalah :
1. Terdapat trik seo dasar yang sangat berpengaruh pada web.
2. Penggunaaan tag heading perlu diurutkan dari yang terbesar sampe yang terkecil.

Sumber : http://kafegue.com/mengukur-kekuatan-seo-website-dengan-seoanalyser/#single-body

2. Alexa : merupakan sebuah web informasi yang memberikan ranking bagi sebuah web, tampaknya Alexa bukan karena itu saja sangat dikenal dan diperhitungkan para web surfer tidak hanya diluar seperti di Amerika namun disini juga menjadi semacam tolak ukur untuk menentukan traffic dari sebuah website. Lalu apakah yang dimaksud dengan Alexa Ranks? Alexa Ranks adalah ranking yang diberikan oleh Alexa web dimana ranking tersebut berasal dari total jumlah pengunjung Unique Alexa Toolbar. Hmmm.. jadi Alexa itu semacam toolbar ya? Kalau boleh saya bilang sih bisa jadi semacam itu, karena kalau mau ngecek popularitas sebuah web ke webnya langsung kan agak ribet jadi Alexa membuat semacam toolbar yang memudahkan untuk pengecekan sehingga kita bisa mengetahuinya secara langsung. Toolbar tersebut menunjukkan popularitas dari website yang bersangkutan. Untuk saat ini tampaknya Yahoo! masih menjadi website dengan maximum traffic berdasarkan data dari Alexa, setelah itu baru diikuti olehGoogle. Banyak orang mengatakan jika popularitas Alexa atau istilahnya Alexa trends sudah menurun dan kita tidak usah terlalu memikirkan ranking dari Alexa! Menurut saya keberadaan Alexa masih sangat penting dalam pencapaian sebuah Page Rank (PR) yang tinggi karena menunjukkan kualitas dan popularitas dari website yang kita miliki. 

alexa web company
alexa toolbar installation







Kelebihan dari tools Alexa adalah :
1. Alexa ini membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah website
2. Berguna bagi website yang anda memiliki untuk diterima dalam program make money online
3. Membantu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari website yang anda miliki
Kekurangannya adalah :
1. Perhitungan algoritma Alexa yang baru dan pastinya ribet, karena sistem ranking yang diberikan oleh Alexa semakin akurat karena Alexa juga memberikan ranking berdasarkan sumber lain juga
2. Mungkin saling cross check dengan Google, Yahoo!, MSN dan website berpengaruh lainnya, dan sudah banyak penurunan ranking yang dialami oleh para webmaster (terutama pemilik blog)

Widget Alexanya bisa didapatkan disini Alexa Widget dan anda tinggal ketik URL dari website yang anda miliki setelah itu bisa dipasang kode yang diberikan pada website anda. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak. Keep Blogging!!

3. Page Rank : sebuah algoritma yang telah dipatenkan untuk berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Page Rank juga merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.
Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.


Kelebihan dari tools Page Rank adalah :
1. Memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link
2. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut
Kekurangannya adalah :
1. Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web.
2. Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju, melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman tersebut. 
Menurut saya tools mana yang paling baik apa ya,, saya juga bingung,, hehehehe..
Tapi tools yang pertama saya tulis itu juga bagus yaitu SeoAnalyser karena dapat mengukur dan melihat apa yang ada di dalam web kita, seperti dapat mengetahui apa yang kurang pada web kita, terus juga dijelaskan apa yang perlu dikurangi untuk meningkatkan page rank web kita pada google. Sekian penjelasan dari saya, kalau ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi ya karena saya newbie,, hehehe.. :)

1 komentar:

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Yang paling populer adalah rangking Alexa dan Level google page range

Posting Komentar

Thank you for visit my blog

Template by:

Free Blog Templates